Festival Unik di Indonesia


  Tau gak sih sebenernya Indonesia punya banyak banget festival yang patut dibanggakan. Tentunya festival di tiap-tiap tempat akan berbeda, tau sendiri lah Indonesia kan punya banyak banget budaya yang patut dibanggakan. Misalnya saja beberapa festival di bawah ini :

1. Festival Krakatau



 Sebuah Festival yang diadakan oleh Pemda Lampung yang bertujuan untuk mengenalkan Lampung kepada dunia luar dan sekaligus menjadi ajang sejumlah atraksi kesenian khas provinsi lampung diperlihatkan.

2. Festival Kesenian Bali :
  

Merupakan event pesta kesenian Bali tahunan, dan tahun ini mereka mengangkat film melayu dalam festival tersebut, selain juga berbagai macam kesenian dan kerajinan terbaru dari Bali.

3. Karnaval Batik Solo :
                 Karnaval Batik Solo atau Solo Batik Carnival adalah sebuah event tahunan yang diadakan oleh pemerintah Kota Surakarta dengan menggunakan batik sebagai bahan utama pembuatan kostum. Biasanya kostum karnaval disesuaikan dengan tema-tema yang telah di tentukan. Para peserta akan mengenakan kostumnya sendiri dan berjalan di atas catwalk yang ada di jalan Slamet Riyadi. Karnaval ini telah ada sejak Juni tahun 2008.

4. Grebeg Mulud - Solo Yogyakarta :

Grebeg Mulud menjadi acara puncak dari pelaksanaan ritual Sekaten yang digelar di Masjid Agung Kraton Kasunanan Surakarta. Dan juga merupakan acara kirab Gunugan dari Keraton Yogyakarta menuju Masjid Agung Yogyakarta untuk perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

5. Festival Lembah Beliem :
Merupakan pesta rakyat papua dengan mempertunjukkan tarian perang atau penyambutan, yang sekarang ini beralih fungsi menjadi tarian penyambut turis, tamu atau digunakan dalam upacara adat.
6. Festival Musik Etnik Internasional Solo
Salah satu festival terbaru dari Solo adalah Solo International Ethnic Music (SIEM)
Festival, yang berfokus pada pertunjukan dan perayaan musik etnis. Ajang ini
adalah suatu platform unik bagi kolaborasi antara musik modern dan etnis,
seniman lokal dan internasional.Daftar panjang para penampil termasuk seniman Minangkabau, Riau, Yogyakarta,
Surabaya, Papua, Kalimantan, dan bahkan seniman asing dari Jepang, Australia,
India, Selandia Baru dan banyak lainnya.

Credit : Spotlight, Wiki

0 comments:

Post a Comment

 
JAMPI © 2012 Design oleh Blogger | Sponsored by mbah gugel - pak yahoo! - Hosting gambar - Hosting javascript - JAMPI SMAN 1 PURWOREJO