Semut dan Persatuan Bangsa Indonesia


Semut…hewan kecil, berwarna merah dan hitam dan dapat diinjak-injak oleh manusia. Semut selalu di anggap sepele dan rendahan oleh hewan lainnya, bahkan oleh manusia. Malah biasanya hewan kecil ono dianggap sebagai pengganggu………


Tapi dibalik itu ada filosofi yang indah pada diri semut, yaitu :
1. Walaupun kecil, tetapi mempunyai kekuatan untuk membuat orang atau hewan yang lebih besar kesakitan akan gigitannya, apalagi jika di gigit secara rame-rame oleh mereka. Berharap bangsa Indonesia seperti itu, jika ada bangsa lain yang menginjak-injak harkat, kedaulatan dan martabat bangsa, maka kita harus membela bangsa, seperti yang dilakukan pada semut saat diserang.
2. Selalu bersama-sama dan saling membantu pada saat melakukan sesuatu, seperti membawa gula ataupun beras yang jatuh. Mereka secara bergotong-royong membawanya. Kita juga sebagai bangsa yang berdaulat dan merdeka, wajib saling bantu-membantu dan tolong-menolong, terutama dengan saudara atau tetangga terdekatnya telebih dahulu.
3. Semut terdiri dari warna merah dan hitam, walau mereka berbeda warna kulit ( bukan menyindir loh… kalau ada kompasianer yang kulitnya berwarna hitam atau merah ), tetapi mereka tidak pernah bertengkar ataupun tawuran ( istilah anak sekarang..hehehe ). Hal ini, harus dicontoh oleh bangsa kita yang beraneka ragam suku, budaya serta agama dan telah merdeka selama 65 tahun, tenggang rasa dan saling menghargai harus kita bina seperti yang dilakukan oleh semut.
4. Semut setiap bertemu dengan semut lainnya ( apakah temannya, sepupunya atau pamannya..who knows..? ), maka mereka akan berhenti berjalan, kemudian seperti bersalaman atau mungkin berbicara ( menanyakan kabar kaliiiii…). Begitu juga bangsa kita ini, saya berharap kita harus saling bersalaman dalam arti kita harus saling berhubungan baik antara sesama umat bangsa yang sudah merdeka selama 65 tahun.
Malu dong kalau kita sebagai manusia kalah dari semut. Semut beragam, kebudayaan di Indonesia juga beragam. Semut bisa bersatu dengan perbedaan tersebut, kita juga harus bersatu agar menjadi bangsa yang makmur.
Saya berharap, filosofi semut ini akan bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi pemersatu seluruh rakyat yang ada di negara Republik Indonesia. Sekali lagi Merdekaaaaaa…!!!!!

0 comments:

Post a Comment

 
JAMPI © 2012 Design oleh Blogger | Sponsored by mbah gugel - pak yahoo! - Hosting gambar - Hosting javascript - JAMPI SMAN 1 PURWOREJO