UNESCO menjadikan Indonesia contoh negara beragam budaya


JAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan UNESCO menjadikan Indonesia sebagai contoh negara yang dinilai mampu membangun bangsa di atas keragaman budaya.

Kepala Negara mengatakan atas penilaian tersebut juga yang menjadi alasan badan PBB itu meminta Yudhoyono menyampaikan pidato kunci pada sesi khusus perayaan Ulang Tahun ke-10 Deklarasi Universal Keragaman Budaya pada 2 November.

"Mengapa kita dipilih untuk bisa menyampaikan pidato utama itu, karena mereka menilai Indonesia adalah salah satu contoh negara yang memiliki budaya yang amat beragam," kata Presiden Yudhoyono dalam jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusuma hari ini sesaat sebelum bertolak ke Prancis.

Namun, ujarnya, UNESCO menyadari tentu bukanlah hal yang mudah untuk mengelola keragaman budaya tersebut. Untuk itu mereka ingin mengetahui bagaimana Indonesia bisa melakukannya.

Yudhoyono mengatakan kehadirannya dalam acara yang digelar di UNESCO juga ingin menyampaikan mengenai pandangan dan usulannya tentang bagaimana dunia bisa lebih bersatu, dan menghormati perbedaan budaya dan nilai peradaban.

"Mereka [UNESCO] juga tentu tahu managing diversity itu bukan sesuatu mudah. Oleh karena itu mereka ingin dengar apa saja yang kita lakukan dalam kaitan itu," kata SBY.


MARI KITA JAGA KELESTARIAN DAN KEINDAHAN BERAGAM BUDAYA YANG KITA PUNYA!

sumber

0 comments:

Post a Comment

 
JAMPI © 2012 Design oleh Blogger | Sponsored by mbah gugel - pak yahoo! - Hosting gambar - Hosting javascript - JAMPI SMAN 1 PURWOREJO